Ayat-Ayat Fitna: Sekelumit Keadaban Islam di Tengah Purbasangka by M. Quraish Shihab


Sinopsis:

Buku ini bukanlah sanggahan terhadap film Fitna karya Geert Wilders, Ketua Fraksi Partai Kebebasan (PVV) di parlemen Belanda itu. Film itu, kendati menghebohkan, tetapi ia terlalu buruk untuk memperoleh kehormatan menanggapinya. Ia sangat jauh dari objektivitas dan persyaratan ilmiah, tidak juga memiliki unsur seni atau ajakan kepada hubungan harmonis antarsesama manusia. Karena itu, menanggapinya hanya akan menghabiskan waktu dan energi, sedang masih banyak hal lain yang sangat memerlukan waktu dan energi.

Tujuan utama buku ini bukanlah untuk menanggapi atau menyanggah, tetapi untuk menunjukkan kepada umat Islam dan siapa pun yang hendak mengenal Islam, dan juga kepada yang terpengaruh oleh fitnah film Fitna itu, bahwa sungguh ajaran Islam sangat bertolak belakang dengan apa yang mereka suguhkan itu. Ajaran Islam sungguh mengajak kepada kedamaian yang adil dan beradab, dan sedikitpun tidak merestui teror.

Karena tujuannya seperti itu, maka barulah setelah redup kobaran api kemarahan banyak kaum Muslim, kepala dan hati mereka mulai dingin, emosi sudah terkendali, dan pikiran telah siap, barulah penulis melangkah dan buku (kecil) ini pun hadir di tengah pembaca dengan harapan kiranya bertambah yakinlah kaum Muslim terhadap ajaran agamanya dan tersingkap pula kekaburan dan kerancuan yang bisa saja menyentuh siapa pun, baik Muslim maupun non-Muslim.

Sejak dulu agama, para pembawa ajaran agama, ajaran, dan penganut-penganutnya telah mengalami hujatan dan pelecehan dan dapat dipastikan bahwa di masa datang yang dekat dan yang jauh pun pasti masih akan muncul pelecehan dan fitnah-fitnah serupa. Bukankah masih segar dalam ingatan kita—sebelum karya Geert Wilders itu—buku berjudul Ayat-ayat Setan karya Salman Rushdi, kartun/karikatur pelecehan Nabi Muhammad saw. karya Kurt Westergaard? Memang demikian itulah yang selalu dialami dan akan dialami oleh penganjur kebenaran dan kebaikan, dan karena itu pulalah kitab suci al-Qur’an setelah mengisyaratkan hakikat di atas memberi aneka tuntunan tentang bagaimana menghadapi para penghujat dan pelaku pelecehan. Sekelumit tuntunan tersebut dapat juga Anda jumpai pada lembaran-lembaran buku ini.


Download Ayat Ayat Fitna

Download Ayat Ayat Fitna

Download Ayat Ayat Fitna

0 komentar

Post a Comment