Sang Penguasa: surat seorang negarawan kepada pemimpin republik by Niccolo Machiavelli


Sinopsis:

Sang Penguasa (Il Principe) adalah sebuah risalat politik oleh seorang pegawai negeri dan teoretikus politik Firenze Niccolò Machiavelli. Aslinya berjudul De Principatibus (Tentang Kekuasaan), ditulis pada 1513, namun baru diterbitkan pada1532, lima tahun setelah kematian Machiavelli.

Niccolo Machiavelli menulis buku ini pada tahun 1513 ketika italia terpecah-belah. Dalam konteks semacam itu, penulis dan negarawan yang hidup di Republik Firenze (Florence) di bawah kekuasaan keluarga Medicci itu memusatkan perhatiannya terhadap cara dan sarana untuk meraih dan menegakkan kekuasaan. Tulisan ini adalah sebuah studi klasik tentang kekuasaan – bagaimana memperolehnya, memperluas, dan menggunakannya dengan hasil yang maksimal.

Banyak masalah mendasar ia geluti, dan tak segan ia mengambil posisi kontroversial, sampai pernah disalah-tafsirkan sebagai amoral. Para penguasa maupun para pengkritik kekuasaan tak pelak akan belajar banyak dari manual politik klasik ini. Il Principe menggariskan cara-cara untuk mempertahankan kekuasaan. Karena buku inilah Machiavelli mendapat julukan Bapak Ilmu Politik Modern.


Download Sang Penguasa

Download Sang Penguasa

Download Sang Penguasa

0 komentar

Post a Comment